Sunday, May 31, 2009

Melihat Sungai Brantas

Tahukah kalian Sungai Brantas? Jawabnya offcourse yes kan? Ya iyalah, sungai yang membatasi Nganjuk dan Kediri di sebelah timur. Juga membatasi Nganjuk dengan Jombang. Sungai Brantas adalah sungai terlebar di Pulau Jawa. Makanya aku juga ingin tahun seperti apa sungai ini.
Meski sering melintasi sungai ini jika ke Surabaya atau pas mau ke Kediri, tapi belum pernah benar-benar melihat dari dekat sungai ini. Kebetulan pas ke Patianrowo kesempatan itu datang. Aku bisa lihat Sungai Brantas mulai Kertosono sampai Ngronggot. Dari Desa Pecuk, Kelurahan Pelem, Desa Juwono dan Desa Trayang. Asyik saja bisa lihat sungai di desa yang berbeda, tapi sepertinya tak banyak perbedaan sungai dari tempatku melihat. Disana-sini ada penambangan pasir dan daerah aliran sungai yang semakin sempit.
Namun ada baiknya, yaitu beberapa tempat sekarang ini ditanami pepohonan, sehingga menjadi rimbun dan bisa mencegah terjadinya erosi atau longsor. Yang jelas dari tanggul Sungai Brantas masih terlihat betapa besar sungai ini, dan pemandangan yang menghijau di sepanjang aliran sungai.

No comments:

Post a Comment