Monday, January 12, 2009

Melihat Anak Kelud

Terasa kurang kalau jalan-jalan ke Kabupaten Kediri tanpa mampir ke Gunung Kelud. Sebelum meletus tahun 2007, Gununp Kelud punya danau di kawahnya, namun sekarang sudah tidak ada lagi. Sejak dibuka lagi tahun 2008, bisa dilihat danau telah hilang berubah menjadi gunung kecil tepat ditengah-tengah kawah. Itulah Anak Kelud.
Melihat Anak Kelud bisa dengan cara mendekati gunung kecil ini, namun berbahaya karena gundukan gunung kecil ini katanya belum stabil dan terus tumbuh dan tercium bau belerang yang menyengat.
Tapi menikmati Anak Kelud bisa dengan cara lain yang tak kalah menarik, yakni dengan cara menaiki puncak Kelud. Cara satu ini dengan cara menaiki tangga yang telah disediakan menuju puncak. Hasilnya luar biasa, dilihat dari puncak anak gunung terlihat indah. Hanya saja menaiki tangga yang mencapai ratusan undakan memerlukan tenaga yang besar juga. Naik ke puncak ini juga punya daya tarik sendiri, karena setelah berada di puncak, tak hanya bisa menikmati Anak Kelud, tapi juga bisa melihat Kota Kediri jika beruntung cuaca sedang baik.

No comments:

Post a Comment